Kewarganegaraan



Nama : Vidia Herdiana R
NIM : 1123369731

Tugas Kewarganegaraan pertemuan 1 

1. Apa hakekat dari padapendidikan?
PENDIDIKAN ADALAH UPAYA MASYARAKAT DAN PEMERINTAH UNTUK KELANGSUNGAN HIDUP WARGANYA DAN GENERASI PENERUS, YANG BERMAKNA & MAMPU MENGANTISIPASI HARI DEPAN YANG SENANTIASA TERKAIT DENGAN KONTEKS BUDAYA,  BANGSA, NEGARA DAN HUBUNGAN INTERNASIONAL.
2. Apa kepanjangan dari
IPTEKS?
(Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni)

3. Jelaskan makna perubahan kehidupan yang penuh dengan paradoksal dan    ketakterdugaan?

Yaitu perubahan kehidupan yang seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran dan tak di duga atau secara tiba-tiba.

4. Mengapa IPTEKS harus
berlandaskan nilai keagama-
an?

Karena jika tidak ilmu iptek dan seni akan di salah gunakan dengan tidak adanya aturan agama yang berlaku,dan mengakibatkan kebebasan dalam memperoleh ilmu iptek dan seni yang tidak wajar.

5. Apa yang dimaksud dengan
krisis multidimensi?

Krisis multi dimensional adalah suatu situasi dimana bangsa dan negeri kita dewasa ini sedang dilanda oleh beraneka-ragam pertentangan besar maupun kecil dan berbagai keruwetan di bidang politik, ekonomi, sosial, dan juga kebobrokan moral.

II. Carilah contoh-contoh (min. 2) tentang globalisasi yg ditandai oleh pesatnya perkembangan IPTEKS khususnya di bidang informasi, komunikasi, dan transportasi yang membuat dunia menjadi semakin transparan.Sertakan gambar atau video.


Tugas kewarganegaraan pertemuan 3

1.Berikan pengertian tentang bangsa Indonesia? 
Bangsa Indonesia adalah suatu wilayah yang terdiri dari Ribuan kepulauan yang berbangsa satu yaitu bangsa indonesia didasakan asas BHINEKA TUNGGAL IKA

2.Apakah yang dimaksud dengan negara? 
Negara adalah organisasi tertinggi di antara suatu kelompok masyarakat yang mempunyai cita-cita untuk bersatu, hidup di dalam daerah tertentu yang mempunyai pemerintah yang berdaulat.

3.Sebutkan unsur-unsur negara, apa saja? 
Wilayah, Penduduk, Pemerintah dan kedaulatan

4.NKRI didirikan berdasarkan UUD 1945, tunjukkan ada di Pasal  berapa? 
ada pada Bab IXA, Pasal 25A UUD 1945 Wilayah Negara. yang berbunyi  “Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri Nusantara dengan wilayah yang batas-batas 
dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang”. 

5.Bagaimana proses terjadinya suatu negara di jaman modern ini? 
Suatu negara akan sealu berkembang seiring dengan perkembangan masyarakatnya. Negara tidak bersifat statis, akan tetapi terus berevolusi. Kenneth Waltz (1979), mengungkapkan bahwa Negara merupakan penggabungan dari berbagai individu yang berinteraksi satu sama lain untuk memaksimalkan kepentingan mereka sendiri. Asal terbentuknya sebuah negara adalah individu yang memiliki persamaan ide dan kepentingan dengan individu lainnya.  Sebuah negara terbentuk setelah manusia meninggalkan cara hidup nomaden dan kemudian mulai menetap di suatu wilayah. Pada awalnya, berdirinya suatu negara sangat berkaitan erat dengan Dinasti. Untuk ukuran negara modern, negara dapat didefinisikan sebagai suatu kesatuan masyarakat, wilayah, pemerintahan yang berkuasa, serta mengurusi tata tertib serta kelemahan masyarakat. Unsur utamanya adalah masyarakat, wilayah dan pemerintahan. Di negara modern, masyarakatlah yang dijadikan sebagai penentu masa depan suatu negara.


Tugas ESSAY sebelum UTS

1.)Sebutkan pasal-pasal dan ayat-ayat berapa di UUD 1945 yang menjadi dasar hukum pendidikaan kewarganegaraan !

2.)Sebutkan apa saja isu global yang ditujukan ke negara RI oleh negara- negara maju dan adi kuasa ! 

3.)Jelaskan tentang apa yang dimaksud dengan hak asasi manusia (HAM) !

 4.)Sebutkan Bab dan pasal di UUD 1945 yang khusus membicarakan tentang HAM !

 5.)Jelaskan tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi !

6.)Sebutkan isi Pasal 30 ayat 1 UUD 1945 !

7.)Jelasakan apa yang dimaksud dengan

8.)Sebutkan tujuan Nasional bangsa Indonesia sebagaimana terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 ! 

9.)Sebutkan isi Pasal 27 ayat 2 UUD 1945 !

10.)Jelaskan menurut pendapat Abrahan Lincoln tentang demokrasi !

11.)Jelaskan pengertian bangsa menurut Kamus besar Bahasa Indonesia !

12.)Jelaskan bagaimana suatu negara dapat dikatakan negara demokrasi !

13.)Jelaskan pendapat John Lock tentang hak-hak yang dimiliki oleh setiap manusia !

14.)Jelaskan tentang demokrasi di Indonesia !

 Jawab :

1.) - Pasal 30 ayat 1 UUD 1945
     - Pasal 27 ayat 3 UUD 1945
     - UU RI. NO. 20 Tahun 2003
     - UU RI. NO. 12 Tahun 2006

2.) - Jalannya Konfrensi Asia Afrika dan Keputusan
     -Keputusan yang Dihasilkan
     - Latar Belakang Konfrensi Asia Afrika 1955
     - Tentang perekonomian yang rendah, kemiskinan, dan korupsi.

3.) Hak asasi manusia adalah hak-hak yang melekat pada semua umat manusia, apapun jenis kebangsaan,
     tempat tinggal, gender, asal-usul kebangsaan atau etnis, warna kulit, agama, bahasa, atau status
     lainnya. UU Nomor 39 tentang HAM ( Hak Asasi Manusia ).

4.) Dalam UUD 1945 yang diamandemen, HAM secara khusus diatur dalam Bab XA, mulai pasal 28 A
     sampai dengan pasal 28 J. Hak asasi yang diatur saat itu antara lain hak tentang merdeka disebut pada
     bagian pembukaan, alinea kesatu. Kemudian, hak berserikat diatur dalam pasal 28, hak memeluk
     agama pada pasal 29, hak membela negara pada pasal 30, dan hak mendapat pendidikan, terdapat pada
     pasal 31.

5.) TUJUAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI ( Menurut SKep
     Dirjen Dikti No. 38/DIKTI/Kep./2002 )
     Agar mahasiswa :
    - Memiliki motivasi menguasai materi pendidikan kewarganegaraan,
    - Mampu mengkaitkan dan mengimplementasikan dalam peranan dan kedudukan serta
      kepentingannya, sebagai individu, anggota keluarga/masyarakat dan warganegara yang terdidik.
    - Memiliki tekad dan kesediaan dalam mewujudkan kaidah-kaidah nilai berbangsa dan bernegara untuk
      menciptakan masyarakat madani.

6.) Undang-Undang Dasar 1945 dalam Pasal 30 Ayat (1) menyebutkan tentang hak dan kewajiban tiap warga negara ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.  

7.) Unsur pembentuk negara (konstitutif): wilayah/ daerah, rakyat, pemerintah yang berdaulat Unsur deklaratif: pengakuan oleh negara lain.

8.) Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, untuk memajukan kesejahtetaan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

9.) Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi
       kemanusiaan.

10.) Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln berikut ini adalah
        pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat (Democracy is government of the
        people, by the people and for the people).

11.) Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bangsa adalah orang-orang yang
        memiliki asal kesamaan keturunan, adat, bahasa, dan sejarah serta
        berpemerintahan sendiri, atau bisa diartikan sebagai kumpulan manusia yang
        biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan wilayah tertentu di muka bumi.

12.) Suatu negara dapat dikatakan demokratis apabila kekuasaan mayoritas digandengkan dengan jaminan    
       atas hak asasi manusia. Kelompok mayoritas dapat melindungi kaum minoritas. Hak-hak minoritas
       tidak dapat dihapuskan oleh suara mayoritas. Semua kelompok golongan atau warga negara
       hendaknya mendapat perlindungan hukum atau mendapat jaminan menurut undang-undang.

13.)  John Locke menyatakan bahwa HAM adalah hak-hak yang diberikan langsung oleh Tuhan Yang
        Maha Pencipta sebagai hak yang kodrati. (Mansyur Effendi, 1994).

14.) Sejak merdeka, Indonesia telah mempraktekkan beberapa sistem politik pemerintahan atas nama
      demokrasi, dari, oleh dan untuk rakyat.
     A. Tahun 1945-1959 - Demokrasi Parlementer
     B. Tahun 1959-1965 - Demokrasi Terpimpin
     C. Tahun 1965-1998 - Demokrasi Pancasila
     D. Tahun 1998 - Sekarang - Orde Reformasi

(Pertemuan 14) ESSAY
1.Sebutkan isi Pasal 1 ayat 1 UUD 1945.
2.Pemahaman Archipelago di Negara-Negara Barat berbeda dengan pemahaman Archipelago di Indonesia. Jelaskan tentang perbedaan tersebut.
3.Indonesia telah meratifikasi UNCLOS 1982. Jelaskan apa keuntungan dan kerugiannya.
4.Sebutkan apa saja Ajaran Dasar Wawasan Nusantara
5.Jelaskan apa yang ditulis oleh JOHN NAISBIT, dalam bukunya berjudul GLOBAL PARADOX. 6.Perkembangan global saat ini sangat maju pesat, khususnya perkembangan dalam bidang apa? 7.Dalam mewujudkan aspirasi dan perjuangan satu bangsa perlu memperhatikan 4 K.Sebutkan apa 4 K tersebut
8.Wujud Pertahanan dan Keamanan Indonesia tercermin dalam kondisi daya tangkal bangsa yang dilandasi oleh kesadaran bela negara dengan menghadapi yang disebut AGHT. Sebutkan apa kepanjangan dari AGHT.
9.Unsur Dasar Wawasan Nusantara diantaranya Tata Laku. Jelaskan tentang Tata Laku.
10.Jelaskan pendapat dari penulis buku Borderless World, Kenichi Omahe dalam menghadapi kekuatan global.

 Jawaban
 1. Isi pasal 1 ayat 1 UUD'45 : Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk Republik.

 2. Pemahaman barat, laut berperan sebagai "Pemisahan Pulau".  Paham Indonesia, laut berperan sebagai “Penghubung Pulau” sehingga wilayah negara Indonesia menjadi negara kesatuan sebagaiI, “Tanah Air”disebut negara kepulauan.
 
3. 1. Keuntungan: -Diakuinya Indonesia sbg Archipelago State -Luas wilayah Negara
    bertambah. -Sumber daya alam bertambah.
    2. Kerugian: -Mengakomodasi lintas laut Kepulauan (ALKI 1 Selat Sunda -Laut
    China Selatan, Alki 2 Selat Lombok - Laut Kalimantan, dan Alki 3 dari beberapa
    Selat di selatan Indonesia Timur ke Samudra Pacifik. -Kerawanan meningkat).

4.Landasan Idil : Pancasil, dan landasn konstitusional : UUD 1945

5.John Naisbit, dalam bukunya GLOBAL PARADOX , menulis  “TO BE A GLOBAL POWERS, THE COMPANY MUST GIVE MORE ROLE TO THE SMALLEST PART” (bahwa negara harus dapat memberikan peranan sebesar-besarnya kepada     rakyatnya).

6. khususnya dibidang teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi.

 7. Kekuatan, Ketangguhan, Kemampuan,dan Keuletan(K-4)

8. Ancaman, Gangguan, Hambatan, dan Tantangan (AGHT).

9. Tata laku, merupakan interaksi antara wadah dan isi. Tata laku batiniah dan lahiriah.

10. Bahwa untuk dapat menghadapi kekuatan global peran pemerintah pusat harus dikurangi dan lebih memberikan peran kepada pemerintah daerah dan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar